Pengertian Dan Fungsi Browser

Pengertian Dan Fungsi Browser

Anda pasti sering kan membuka Browser Chrome, Firefox, Opera, Safari, dan Explorer untuk membuka Facebook, Instagram, Twitter, DLL kan?? Pasti beberapa orang belum tau Pengertian Dan Fungsi Browser?? Di pertemuan kita kali ini saya mau menjelaskan Pengertian Dan Fungsi Browser.

Pengertian Browser

Browser adalah suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses data atau mencari referensi yang dibutuhkan. Ada berbagai macam perangkat web browser yang kini digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer, DLL.
Browser yang digunakan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan , meskipun demikian beberapa browser seperti Mozilla dan Chrome banyak digunakan karena dinilai lebih bagus. Terkadang browser malah lebih sering diartikan sebagai mesin pencari seperti Google.

Fungsi Browser


1. Membuka website

Fungsi browser yang paling menonjol mungkin pada kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada alamat website yang dituju. Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data sementara jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

2. Memastikan keamanan web

Bisanya dalam web browser juga terdapat proses verifikasi suatu website dan memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem komputer.

3. Mendukung permintaan data

Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna atau yang dikenal dengan istilah requesting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada di internet dapat diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada didalamnya sehingga laman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada suatu laman.

5. Mendukung penggunaan search engine

Search engine atau mesin pencari secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser. Web browser memang memiliki banyak fungsi dan manfaat dalam kehidupan manusia terutama bagi mereka yang memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi.

Tag : Internet
0 Komentar untuk "Pengertian Dan Fungsi Browser"

Back To Top